Zaman megalitik Tua Dan Muda Lengkap

Zaman megalitik Tua Dan Muda Lengkap

Megalitik Tua

Megalitik Tua

Megalitik tua berlangsung pada masa Neolitik. Megalitik tua ini muncul kurang lebih tahun  2500-1500 sebelum masehi. Alat yang dihasilkan adalah beliung persegi dan mulai membuat benda-benda atau bangunan yang disusun dari batu besar seperti dolmen, undak batu, limas, tembok batudan jalan batu.

Megalitik Muda

Megalitik muda berlangsung pada masa Perundagian. Megalitik muda ini bertanggalkan tahun ribuan pertama setelah masehi. Alat yang dihasilkan adalah kubur batu, dolmen, sarkofagus, dan bajana batu.

Kebudayaan megalitik ditandai dengan berbagai hal, diantaranya:

  • Adanya konsepsi kepercayaan tentang kehidupan sesudah mati dan pemujaan tehadap roh.
  • Banyak dihasilkan benda-benda atau peralatan berbau megalitik sebagai bekal kubur, diantaranya dolmen, sarkofagus, waruga dan lain-lain.
  • Adanya konsep tentang kekuatan sakti akan roh atau arwah nenek moyang.
  • Sudah mengenal upacara penguburan yang sakral yang bersifat kompleks dan adanya hubungan antara manusia di dunia yang masih hidup dan arwah leluhur mereka yang mempercayai bahwa ketika nanti bisa turun dan menolong serta memberikan keberkahan dalam kehidupan.
  • Adanya sikap menghoramati kepada tokoh-tokoh yang dipuja dan roh-roh agar mereka bisa meminta bantuan atau pertolongan jikalau susah atau sulit dalam menjalani kehidupan.
  • Munculnya sikap tunduk dan rasa hormat terhadap roh nenk moyang dengan mengaplikasikannya dalam pendirian objek-objek atau sarana dalam melakukan pemujaan.
  • Munculnya suatu sikap percaya bahwa kehidupan roh nenek moyang disana juga terdapat sebuah kehidupan yang juga memerlukan berbagai peralatan-peralatan bagi kehidupan mereka disana.

 

Sumber : https://www.ram.co.id/