Siswa SD Diajarkan Hemat Air

Siswa SD Diajarkan Hemat Air

Siswa SD Diajarkan Hemat Air

Untuk mem­berikan kenyamanan dan memberikan edukasi dalam hemat air

, dan menjaga ke­bersihan kepada semua pe­serta didik. SDN 2 Pamenta­san Kecamatan Kutawaring­in Kabupaten Bandung membangun toilet di ruang kelas.

Ee Sukaesih selaku Kepala SDN 2 Pentasan menjelaskan, maksud dan tujuan mem-bangun toilet dalam ruangan yakni untuk meningkatkan kenyamanan ke anak didik sekolah tersebut. Selain itu sebut Ee dapat memberikan edukasi dalam menjaga ke­bersihanan lingkuangan.

”Untuk memberikan ke­nyamanan, mengedukasi kepada siswa bagaimana cara m

enghemat air dan mem­berikan pendidikan. Bagai­mana cara menjaga kebersi­han lingkungan,” kata Ee Sukaesih kepada Jabar Ekspres saat ditemui sekolah di Ku­tawaringin, kemarin, (10/12).

Menurut Ee, sejak mendapat tugas tambahan sebagai ke­pala SDN 2 Pameuntasan dirinya merasa prihatin ka­rena sekolah itu sering kesu­litan air, apalagi saat musim kemarau. Karena sering mendapat keluhan dari siswa, dirinya memiliki program kerja dan inovasi untuk membangun toilet didalam ruangan.

”Alhamdulillah, setelah menggelar musyawarah in­ternal sekolah dengan meli­batkan

pihak komite sekolah. Ide membangun toilet dalam ruang kelas terlaksana,” ka­tanya

Ee menjelaskan, setelah memiliki ide untuk membangun toilet. Dirinya menyisihkan anggaran dari Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dan secara bertahap melakukan pemba­gunan, sampai akhir tahun 2018 sekarang sudah terbangun empat toilet di masing masing ruang kelas.

”Waktu itu, kita sering ke­kurangan air ketika toilet be­rada di luar. Karena banyak yang menggunakan tanpa aturan. Setelah letaknya di dalam banyak manfaat yang dirasakan. Salahsatunya, bisa memberikan pedidik cara berhemat air kepada semua siswa,” akuya

Lebih lanjut Ee mengatakan, selain bisa memberikan pe­lajaran cara berhemat juga untuk memberikan edukasi bagaimana cara menjaga dan menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan kepada semua anak didik yang belajar di SDN 2 Pameuntasan.

”Banyak pelajaran yang bisa diberikan kepada sis­wa, setelah posisi toilet terletak di dalam ruangan kelas. Selain berfungsi men­gontrol penggunana air. Keberadaan toilet juga bisa untuk mengontrol ak­tivitas dan kebiasaan siswa saat menggunakan sarana tersebut,” tuturnya

 

Sumber :

http://www.oakley-outletonline.com.co/greater-self-acceptance-improves-emotional-well-being/