Nampak Tilas Penegakan HAM di Indonesia

Nampak Tilas Penegakan HAM di Indonesia

Nampak Tilas Penegakan HAM di Indonesia

Pengertian HAM

HAM atau Hak Asasi Manusia adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah dari Tuhan yang dibawa sejak lahir ke dunia. Sedangkan pengertian HAM sendiri menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) adalah hak yang melekat dengan kemanusiaan kita sendiri, yang tanpa hak itu kita mustahil hidup sebagai manusia.

Dari pengertian HAM diatas dapat disimpulkan bahwa sebagai anugerah dari Tuhan terhadap makhluknya yang tidak bisa dilanggar oleh individu lainnya, hak asasi tidak boleh dijauhkan atau dipisahkan dari eksistensi pribadi individu atau manusia tersebut.

Upaya-Upaya penegakan HAM di Indonesia

1. Upaya yang pertama dalam menegakan HAM diIndonesia dengan cara Preventif atau pencegahan. Lembaga-lembaga dalam penegakan HAM ini ada 3 sebagai berikut.

a.KOMASHAM

b.KPAI

c.KOMNAS Perempuan

2. Upaya yang kedua dalam menegakan HAM diIndonesia dengan cara Represif atau upaya penegakan. Cara Represif dilakukan saat pelanggaran HAM sudah terjadi, cara Represif ini terbagi menjadi tiga cara sebagai berikut.

Penyelidikan

Upaya penyelidikan dilakukan oleh pihak berwajib apakah pelaku benar-benar melukan pelanggaran HAM. Cara ini dilakukan dengan cara Introgasi

 

Pengeledahan

Upaya pengeledahan dilakukan untuk mencari barang bukti dari pelaku yang sudah ditetapkan sebagai pelanggar HAM. Denagan cara mengeledah Rumah pelaku atau tempat-tempat yang dicurigai bagi pelaku untuk membuang barang bukti yang digunakan untuk melakukan pelanggaran HAM tersebut.

 

Diadili

Upaya diadili yaitu pihak Kejaksaan agung mengadili pelanggar HAM sesuai dengan perbuatan yang dilakukan dan waktu hukuman yang sepadan dengan perbuatan yang dilakukan apakah hukuman mati atau hukuman seumur hidup.

C.) Dasar Hukum HAM

1.Pancasila

Sebagai dasar hukum HAM yang pertama karena menyangkut dengan aspek kehidupan manusia dalam bermasyarakat,dan lain-lain.

 

2.Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Dalam UUD NRI Tahun 1945 terdapat pada pasal 28A-28J. Dalam pasal tersebut terdapat ayat-ayat yang menyangkut dengan aspek kehidupan manusia yang tidak bisa dilanggar dan harus mendapatkan keadilan.

3. Undang Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang HAM

4. Dekelarasi HAM Internasional


Pemajuan dan Perlindungan HAM di Indonesia

1.Terdapat 2 tahap strategi penegakan HAM

a. Tahap status penentuan ( Prescriptive Status)

Penerapan perundang-undangan mengeai HAM,Tap MPR,UU,PERPU,dan KEPRES

b. Tahap penetapan aturan secara konsisten (Rule Consistent Behaviar)

1. Pada masa Presiden B.J Habibie

2. Tap MPR Np.XVII/MPR/1998

3. Retifikasi Konvensi ILO

4. Rencana aksi Nasional HAM

a.  Persiapan pengesahan perangkat Internasional HAM

b. Desiminasi informasi dan pendidikan HAM

c. Penentua skala prioritas pelaksanaan HAM

d. Pelaksanaan isi perangkat Internasional yang telah diratifikasi perundangan Nasional

Priode terbaik dalam upaya penegakan dan perlindungan HAM adalah masa Reformasi (Priode tahun 1998 s.d sekarang) karena masa ini terdapat 2 tahap strategi penegakan HAM, yaitu tahap status penentuan dan tahap aturan secara konsisten.

Sumber Materi Belajar : https://www.murid.co.id/