Mastel: Perlu Percepatan Gelaran Infrastruktur untuk Pengembangan Ekonomi Digital

Mastel: Perlu Percepatan Gelaran Infrastruktur untuk Pengembangan Ekonomi Digital

Mastel Perlu Percepatan Gelaran Infrastruktur untuk Pengembangan Ekonomi Digital

Dalam dialog Nasional mengenai Ekonomi Digital yang digelar oleh MASTEL

salah satu isu yang menjadi sorotan adalah percepatan penggelaran jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia.

Kristiono, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) mengatakan bahwa industri telekomunikasi adalah infrastruktur bagi ekonomi digital.

“Jaringan telekomunikasi nasional adalah dasar terbentuknya internet yang menjangkau dan melayani seluruh masyarakat Indonesia. Dengan internet ini, masyarakat melakukan aktivitas ekonomi. Maka sudah sepatutnya, Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah, memposisikan infrastruktur digital ini sebagai infrastruktur kritikal, yang sama pentingnya seperti jembatan, pelabuhan, jalan raya, dan listrik, bahkan dengan prioritas lebih tinggi, karena merupakan prasyarat dalam membangun ekonomi digital,” terang Kritiono.

Sebagaimana diatur dalam aturan perundangan tentang telekomunikasi

, untuk wilayah yang layak komersial, penggelaran jaringan dan akses komunikasi/internet diserahkan kepada swasta/BUMN.

Sedangkan untuk wilayah pedesaan atau daerah terpencil, dilakukan dengan program USO. Maka, agar seluruh warga negara segera terjangkau layanan akses internet yang memadai, diperlukan harmonisasi antara penggelaran jaringan telko oleh para operator dengan penggelaran jaringan di wilayah USO agar tidak terjadi overlapping yang dapat merugikan.

Memang saat ini Pemerintah melalui BAKTI melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Namun apa yang dilakukan oleh BAKTI hanya sebagian kecil pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Dari 514 kabupaten kota di Indonesia, pembangunan yang dilakukan oleh BAKTI hanya 57 kabupaten kota saja.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/