Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

 

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Cara menyesuaikan UX produk Anda untuk pasar Cina

Setelah memulai MING Labs di Cina pada tahun 2011, kami telah melihat perkembangan besar dari dunia internet lama dari halaman arahan yang penuh muatan, hingga produk digital dari desain terdefinisi kelas dunia saat ini. Secara paralel, kita telah melihat perubahan dari aplikasi desktop yang kikuk dengan basis pengguna yang kecil, ke revolusi B2C pertama-mobile ke kebangkitan aplikasi super yang merupakan ekosistem baru yang mencakup semua di pasar.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG
Sepanjang perubahan besar dalam produk dan perilaku digital, beberapa preferensi tetap konstan yang berbeda dari yang ada di pasar Barat. Memahami apa yang sebenarnya berbeda, dan apa yang hanya merupakan tahap perkembangan yang berbeda, merupakan faktor penting ketika meluncurkan produk Anda di pasar. Dari perbedaan utama dalam persyaratan UX hingga preferensi untuk ekosistem yang lebih besar dan pemahaman nilai yang berbeda, Cina unik dalam banyak aspek (seperti pasar lainnya, pastinya).

Selama bertahun-tahun, kami telah membantu banyak startup dan perusahaan multinasional untuk meluncurkan produk mereka, dibuat dan divalidasi di pasar rumah mereka, ke pasar Cina.

Dengan demikian kami telah melihat banyak perbedaan dalam tindakan dan sampai pada kesimpulan tertentu tentang apa yang harus dilakukan dengan pendekatan penskalaan yang baik ke Cina.

Baca: [ Desain yang baik harus inklusif dan dapat diakses – tetapi apa bedanya? ]

Karenanya artikel ini terutama ditujukan untuk mereka yang berpikir tentang, ditugaskan, atau secara aktif bekerja untuk memperluas pasar Cina, dan yang bertanya-tanya apa artinya itu bagi produk dan layanan digital mereka.

Orang yang menjelajahi Taobao
Orang yang menjelajahi Taobao
Tiga opsi dalam adaptasi
Ketika meluncurkan di pasar baru yang memiliki beberapa perbedaan penting dari pasar rumah Anda, pada dasarnya Anda memiliki tiga pilihan dalam adaptasi produk.

1. Minimal

Paling tidak Anda harus menerjemahkan antarmuka ke bahasa Mandarin, agar produk Anda dapat diakses. Selain itu, mungkin ada persyaratan hukum tertentu untuk industri Anda, Anda harus beradaptasi jika Anda ingin melakukan bisnis di Cina. Mengganti teknologi tertentu mungkin juga diperlukan, untuk dapat melewati Great Firewall (banyak layanan Barat diblokir).

2. Dlokalisasi

Pada tahap ini, Anda mungkin mendesain ulang UX produk Anda agar sesuai dengan selera pasar lokal atau Anda dapat memindahkan produk Anda ke platform lokal (seperti ekosistem WeChat dan Alibaba). Dalam Pemasaran, Anda juga dapat menyesuaikan olahpesan Anda untuk menekankan poin yang akan beresonansi lebih banyak dengan pelanggan Cina.

3. bisnis Cina

Dalam beberapa kasus, mungkin perlu atau menguntungkan untuk memutar target audiens atau model bisnis Anda, yang akan menghasilkan cara yang sangat berbeda dalam melakukan bisnis. Penciptaan nilai inti Anda mungkin masih relevan, namun bagian lain dari bisnis ini harus berubah secara drastis. Kami menyebutnya “Bisnis Cina” karena operasi lokal akan sangat berbeda dengan operasi Anda yang lain dalam pendekatan yang berfokus pada Cina .

Imbalannya di sini adalah bahwa dengan kustomisasi Cina yang meningkat Anda mengurangi Economies of Scale Anda, karena bisnis yang sangat lokal tidak akan terukur ke pasar lain dan akan membutuhkan banyak sumber daya lokal yang berdedikasi, yang pembelajarannya tidak dapat Anda manfaatkan dalam ekspansi global Anda. Pada saat yang sama, tingkat kustomisasi yang rendah akan tetap sangat skalabel, namun mungkin tidak menghasilkan kesuksesan karena ini adalah pasar yang sangat spesifik.

Gambar malam dari sebuah jembatan besar dan terang di Cina
Gambar malam sebuah jembatan besar yang menyala di China Foto oleh Toby Yang di Unsplash
Pertukaran dan keputusan itu tidak berarti sepele. Menemukan jawaban yang baik biasanya membutuhkan pemikiran dari seorang pemula (kembali ke tahap Eksplorasi) dan terlebih dahulu menguji produk Anda dan proposisi nilai secara lokal.

Anggaplah Anda telah kehilangan produk-pas-pasar saat memasuki Cina, dan mulai lagi dengan pikiran terbuka, riset lokal, dan iterasi cepat ke pendekatan yang tepat.

Di bagian berikutnya, kami akan menganggap bahwa Anda telah sampai pada kesimpulan Anda dan Anda memilih untuk pendekatan yang dilokalkan (karena Minimal adalah lurus ke depan dan Bisnis Cina pergi ke Desain Bisnis). Lalu apa perbedaan dalam desain UX dan platform lokal yang harus Anda perhatikan dan adaptasi?

Perbedaan Budaya Itu Penting
Beberapa preferensi dalam desain dan interaksi berakar pada budaya Cina. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang membuat perbedaan besar:

1. Kolektivisme

Pada skor internasional untuk budaya Individualistis versus Kolektivisme, Cina mendapat nilai tertinggi dalam skala Kolektivistik. Ini berarti bahwa setiap konteks tentang kelompok, unit yang lebih besar, dan menyimpang dari norma-norma kelompok atau menonjol tidak diinginkan. Demikian pula, persetujuan kelompok dan komunikasi tingkat tinggi dan konteks sosial juga penting.

2. Budaya Konteks Tinggi

Budaya Cina, dan juga bahasa, adalah konteks yang sangat tinggi. Ini berarti bahwa setiap interaksi perlu dilihat melalui banyak sekali konteks konteks, bukannya diambil pada nilai nominal. Dalam budaya konteks rendah, “tidak” adalah “tidak”. Dalam budaya konteks tinggi, itu bisa berarti “bertanya lagi”, “belum”, “tidak seperti ini”, “minta atasanmu bertanya padaku”, “mari kita minum dulu” atau banyak hal lainnya. Konteks kapan dikatakan, bagaimana dan oleh siapa penting untuk memahami jawabannya.

3. kaligrafi Cina

Kaligrafi Cina
Foto oleh Cherry Lin di Unsplash
4. Bahasa Kompleks

Bahasa Cina rendah pada kompleksitas tata bahasa, namun sangat intens pada kompleksitas kosa kata. Ada lebih dari 20.000 karakter yang digunakan dan kombinasi berbeda berarti hal yang berbeda. Tidak hanya membosankan untuk mengetik dalam bahasa Cina (yang berarti menggambar karakter atau mengetik Pinyin untuk menemukan karakter yang tepat), tetapi juga tidak mungkin bagi mesin pencari untuk memahami apakah Anda membuat kesalahan dalam permintaan Anda dan menyarankan perbaikan.

Ini adalah perbedaan substansial dari Barat dan juga dari beberapa budaya Asia lainnya. Dan mereka selalu terwujud dalam preferensi spesifik dari interaksi sosial ke gaya komunikasi dan desain UX.

UX Di Cina – beberapa petunjuk
Perbedaan budaya bermanifestasi dalam preferensi berbeda mengenai UX dan desain layanan, yang menghasilkan layanan yang Anda lihat di internet Cina saat ini. Walaupun mereka sering memiliki inspirasi atau rekan dari Barat, mereka bekerja secara berbeda dalam beberapa aspek utama. Termasuk:

1. Kepraktisan> Estetika

Karena mengetik bahasa Mandarin itu menyakitkan dan koreksi-otomatis bukan opsi, situs web dibuat untuk memungkinkan perambanan sebagai perilaku utama daripada mencari. Apa itu juga berarti bahwa fungsi agregasi populer, karena kuantitas dan konteks membuatnya tampak bermanfaat daripada berantakan. Dari tahap awal internet dan perbedaan lokal, pola telah terbentuk yang sekarang sudah mendarah daging. Hormati mereka, dan jangan mencoba untuk “mencerahkan” mereka.

2. Sosial di mana saja

Semuanya hidup dalam konteks sosial dan kelompok lebih penting daripada individu. Karenanya setiap orang selalu terhubung dan berbagi. Wangwang sangat penting bagi Alibaba, karena pengguna tidak mempercayai informasi di situs web. Mereka ingin berbicara dengan orang. Demikian pula, ulasan lebih dipercaya daripada di Barat. Jangan menghemat layanan pelanggan. Selalu ada cara kontak langsung dan obrolan tersedia.

3. Semuanya terhubung

Tidak ada pengalaman dalam isolasi, selalu tertanam dalam konteks dan terhubung dengan yang lainnya. O2O adalah tren yang sangat penting yang telah mengambil alih sebagian besar ruang fisik di Tiongkok. Kuncinya adalah untuk menghilangkan gesekan dan istirahat media bagi konsumen dan menghubungkan pengalaman dengan cara yang paling mudah. Layanan yang paling populer di Cina adalah dinamis, hidup, konteks tinggi, dan menarik, menawarkan diskon, permainan, dan interaksi lainnya.

Ini adalah beberapa prinsip panduan yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain ulang pengalaman digital Anda untuk China. Didorong oleh perbedaan budaya, ini adalah harapan yang ada dengan konsumen saat ini terhadap produk atau layanan apa pun.

Bagaimana Anda memasukkan mereka tergantung pada kreativitas Anda, dan sekali lagi kami akan merekomendasikan loop iterasi / umpan balik yang pendek dan cepat dan pola pikir penemuan, daripada pendekatan desain big-bang.

Bangkitnya aplikasi super
Setiap pemikiran tentang adaptasi produk untuk China tidak akan lengkap tanpa pertimbangan platform lokal – aplikasi super pertama dan terutama. Ini adalah aplikasi yang dimiliki oleh pemain ekosistem terbesar di Cina (Alibaba, Meituan, Tencent), yang menggabungkan berbagai layanan menjadi satu titik kontak, menawarkan lapisan dasar identitas dan pembayaran untuk mengikat mereka bersama, dan memungkinkan pihak ketiga untuk menulis aplikasi kecil yang dapat ditarik ke dalam konteks yang kuat itu.

Karena platform mereka pada dasarnya memonopoli perhatian konsumen lintas vertikal, perusahaan yang memiliki mereka umumnya membiarkan tren baru bermain, berinvestasi di dalamnya, dan kemudian membelinya. Oleh karena itu, menciptakan kerajaan yang lebih besar dan lebih besar yang mengunci konsumen. Karena itu mereka adalah saluran distribusi yang hebat dan sangat terbuka untuk bermitra dengan dan memungkinkan pendatang baru. Ini juga berarti bahwa tanpa mereka, Anda menghadapi pertempuran di atas bukit yang berat.

Antarmuka seluler WeChat Pay dan Alipay
Antarmuka seluler WeChat Pay dan Alipay
Tentu saja, ada kompromi yang harus diperhatikan. Di mana di Amazon Anda menghadapi risiko pasar memperkenalkan merek produk mereka sendiri dengan harga yang Anda bayar, Alibaba pada dasarnya memiliki konsumen dan data mereka, dengan ketidakpedulian yang jelas pada siapa yang memenangkan pertempuran untuk dompet mereka. Jika Anda memasukkan dengan produk baru, pesaing China akan segera menyalin Anda dan tidak ada yang melindungi Anda darinya.

Dalam hal platform, mungkin semua orang kurang lebih akrab dengan WeChat dan Alipay. Beberapa ekosistem

utama yang terbuka untuk berintegrasi. Cara untuk masuk ke sana, kecuali untuk akuisisi, adalah program mini. Ini adalah tren meningkatnya aplikasi-dalam-aplikasi yang menjadi sangat penting untuk bisnis.

Akun program mini untuk sebagian besar interaksi pelanggan sudah dalam semua vertikal konsumen utama. Mereka hanya benar-benar diluncurkan dalam bentuk mereka saat ini sekitar lebih dari setahun yang lalu tetapi mengambil alih dengan cepat. Mereka menjadi titik masuk ke dalam keterlibatan dengan merek – dari konten yang dibagikan, melalui entri cepat ke akun resmi. Program mini adalah interaksi baru bagi pelanggan.

Mereka tidak bagus untuk retensi. Biasanya, mereka berkinerja buruk di titik sentuh yang dimiliki lainnya, seperti aplikasi asli dan aplikasi web, dalam hal penyimpanan. Tencent telah menginvestasikan banyak upaya untuk membuat mereka lebih lengket dan mereka sudah membaik. Dengan hambatan tinggi untuk membuat orang memasang aplikasi asli, Program Mini adalah titik masuk yang bagus untuk kemudian mengarahkan orang ke memasang aplikasi asli.

Program mini sangat ideal untuk kasus penggunaan sederhana dan frekuensi rendah. Entri mudah, retensi rendah.

Namun mereka kuat dalam memitigasi jeda media dan mengurangi gesekan. Jadi, mengidentifikasi use case yang tepat adalah kuncinya. Seperti memesan ke meja di restoran. Semakin kompleks atau seringnya kasus penggunaan, semakin kuat kebutuhan akan aplikasi atau aplikasi web.

Pemandangan di Tembok Cina Raksasa
Foto Tembok Cina Raksasa oleh Robert Nyman di Unsplash
Lambang VUCA
Di Cina, preferensi pelanggan berputar cepat, dan pasar bergerak cepat.

Persaingan terjadi dengan sangat cepat, dengan inovasi yang dipuji hari ini menjadi kegagalan spektakuler berikutnya

besok. Untuk berhasil meluncurkan ke lingkungan ini, sangat penting untuk menjaga pola pikir seorang penjelajah, menyadari perbedaan mendasar yang mendasarinya, dan beralih dengan cepat. Dan untuk terus mengulangi dan beradaptasi bahkan setelah peluncuran yang sukses, karena pasar dan pelanggan akan terus bergerak, di negara di mana perubahan telah menjadi satu-satunya yang konstan selama beberapa dekade.

Sumber:

https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/seva-mobil-bekas/