Bagian-Bagian Otak

Bagian-Bagian Otak

Bagian-Bagian Otak

Secara keseluruhan, otak pada manusia dibagi menjadi 4 bagian, berikut bagian-bagian otak :
Otak Besar (Cerebrum)Otak besar (crebrum) adalah bagian dari yang terbesar pada otak. Otak besar adalah bagian yang membedakan perbedaan antara otak manusia dengan otak binatang. Adanya otak besar dapat manusia berpikir, berbicara, mengingat, mengendalikan pikiran, dan berbicara. Kecerdasan seseorang diukur berdasarkan kemampuan dari otak besarnya.

Otak besar dibagi menjadi beberapa bagian yang menyusunnya, antara lain :

1) Lobus Frontal

merupakan bagian otak besar yang terletak pada bagian terdepan dari otak besar. Lobus frontal erat hubungannya dengan perilaku manusia, seperti kemampuan bergerak, berbahasa, dan sebagainya.

2) Lobus Parietal

adalah bagian otak besar yang terletak di tengah. Lobus Parietal erat hubungannya dengan proses sensorik tubuh berupa rabaan, tekanan, sentuhan, dan sebagainya.

3) Lobus Occipital

ialah bagian otak besar yang terletak paling belakang. Lobus Occipital mempunyai hubungan dengan penglihatan.

4) Lobus Temporal

adalah bagian otak besar yang terletak di samping kiri dan kanan otak. Lobus temporal erat hubungannya dengan suara manusia, sehingga manusia dapat berbicara dan membedakan berbagai jenis bahasa yang digunakan.

Otak Kecil (Cerebellum)Otak kecil (cerebellum) adalah bagian otak yang terletak pada bawah lobus occipital pada otak besar, tepatnya di bagian belakang kepala, serta berhubungan dengan leher bagian atas. Otak kecil (cerebellum) erat hubungannya dengan berbagai macam fungsi gerakan manusia, seperti mengontrol gerak koordinasi antar otot, mengontrol gerakan manusia, mengatur keseimbangan tubuh, dan untuk mengatur sikap serta posisi tubuh. Tanpa adanya otak kecil, gerakan menjadi tidak terkoordinasi, sehingga tidak dapat menggunakan otot-ototnya guna melakukan berbagai aktivitas.

Batang Otak (Brainsteam)Batang otak (brainsteam) terletak di leher bagian atas serta memanjang sampai ke sumsum tulang belakang. Batang otak atau brainsteam mengatur fungsi dasar manusia, seperti proses denyut jantung, mengatur proses pernapasan, proses kerja ginjal, serta hal-hal penting lainnya. Oleh karena itu, dalam dunia medis dikenal dengan mati batang otak, merupakan suatu keadaan cederanya batang otak atau brainsteam yang dapat mengakibatkan orang tersebut mati biologis.

Batang otak (brainsteam) terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain :
1) Otak Tengah (Mesencephalon), adalah bagian batang otak yang menjadi suatu penghubung antara otak besar dengan otak kecil. Fungsi otak tengah pada proses penglihatan manusia.
2) Medulla Oblongata, adalah titik awal dimulainya saraf yang menuju ke tulang belakang, yang selanjutnya akan diteruskan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata memiliki hubungan dengan berbagai pengontrolan fungsi otomatis pada organ manusia.
3) Pons, adalah bagian brainsteam yang terletak di bawah medulla oblongata serta berfungsi untuk mengatur dan meneruskan segala informasi ke bagian otak lainnya.
Sistem LimbikSistem limbik adalah bagian otak yang terdapat pada tengah-tengah otak. Komponen dari sistem limbik antara lain thalamus, hipotalamus, korteks limbic, amigdala, serta hippocampus. Sistem limbik adalah bagian otak yang memiliki hubungan dengan alam sadar manusia, pusat emosi, pusat data, dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya: