Bagian Bagian Lingkaran dan Rumusnya

Bagian Bagian Lingkaran dan Rumusnya

Bagian Bagian Lingkaran dan Rumusnya

1. Pusat lingkaran

Lingkaran memiliki titik yang ada di sana dan tepat di tengah tubuh. Titik ini adalah pusat lingkaran. Pusat lingkaran memiliki jarak yang sama dengan semua titik di tepi lingkaran. Jarak titik O dengan titik B dan D adalah sama.

2. Jari-jari lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah jumlah panjang yang dihitung dari pusat lingkaran dengan titik di tepi lingkaran.

3. Diameter

Diameternya adalah garis yang menghubungkan antara dua titik di tepi lingkaran melalui titik pusat. Diameternya adalah dua kali jari-jari lingkaran. d = 2r

4. Lingkaran busur

Busur melingkar adalah garis melengkung di tepi lingkaran. Jadi kita dapat mengatakan bahwa busur adalah bagian dari seluruh lingkaran. Dalam menulis, ia biasanya menggunakan Gari yang melengkung atas nama dua poin.

5. Busur tali

Tali busur yang disebut adalah garis yang menghubungkan antara dua titik pada lingkaran tanpa melewati titik pusat.

6. Lingkaran Juring

Jika busur adalah bagian atau seluruh lingkaran maka hal yang berbeda dengan juring. Juring lingkaran adalah potongan atau bagian dari area lingkaran, jadi juring adalah area yang dibatasi oleh busur dengan dua jari-jari. Untuk menemukan area juring, sangat mudah untuk hanya membagi sudut puncak sinar yang membentuk juring menjadi 360º dan mengalikannya dengan area lingkaran.
Area juring = apit / 360º x Area lingkaran

7. Tembereng

Tembereng adalah area lingkaran yang dibatasi oleh lengkungan dan tali. Ini memiliki bentuk yang mirip dengan kapal Lampung. Untuk menentukan area juring Anda dapat melakukan ini dengan mengurangi lingkaran dengan segitiga yang dibentuk oleh 2 jari dengan tali.

8. Apothem

Apotema adalah bagian dari lingkaran dalam bentuk garis penghubung terpendek yang menghubungkan tali ke pusat siklus. Karena ini adalah yang terpendek, dapat dipastikan bahwa apothem akan selalu tegak lurus dengan tali busur.


Sumber:

https://kelasips.com/